Ekonomi Digital Baru (New Digital Economics) – 1

Tugas Ekonomi Digital Baru ke-1

NAMA  : DYANDRA ERSA TIANARA

NIM       : 1401154520

KELAS    : MB – 38 – 01

ASUS ( SMARTPHONE )

Di zaman sekarang, segala bisnis sudah menggunakan sistem digital untuk menunjang proses produksi, distribusi maupun segala operasional dan pemasarannya. Oleh karena itu khususnya bisnis di bidang telekomunikasi semakin beragam dikarenakan semakin banyaknya kebutuhan manusia akan sistem digital pada kehidupan sehari-harinya. Maka perusahaan telekomunikasi menekankan pada tekanan pasar, tekanan teknologi dan tekanan lingkungan terhadap produknya agar dapat bersaing didalam pasar dengan para kompetitor lainnya.

  1. PROFIL SINGKAT PERUSAHAAN ASUS

ASUS merupakan perusahaan yang didirikan di Taiwan yang pendirinya terdiri dari 4 insinyur IT yang bernama TH Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh, dan MT Liao pada 2 April 1990. Pada awalnya seperti yang publik ketahui bahwa ASUS memang terkenal popularitasnya di bidang laptop/notebook/netbook. Langkah awal hanyalah ke-4 insinyur IT tadi membuat motherboard saja. Namun seiring berkembangnya waktu, mereka memutuskan untuk membuat hardware. Kerja keras mereka membuahkan hasil saat ini ASUS termasuk salah satu brand yang sangat diminati dari berbagai kalangan dan harganyapun bervariasi. Serta saat ini ASUS sudah merambah dunia smartphone sangat pesat dan laku keras di pasar. Fitur dan spesifikasinya tidak kalah saing dengan para brand yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia smartphone.

Contoh Produk-produk ASUS pada segmen smartphone yang dinilai unggul pada pasar :

  1. ASUS Zenfone Zoom
  2. ASUS Zenfone 3 Deluxe
  3. ASUS Zenfone Max

2. TEKANAN PASAR

Memasuki perekonomian global seluruh dunia yang bersifat digital, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tekanan pasar yaitu: ekonomi dan persaingan yang kuat, sifat tenaga kerja yang berubah, dan kekuatan penuh pelanggan.

a. Ekonomi & Persaingan yang Kuat :

Didalam era seperti saat iini yang dimana dunia menyediakan platform perekonomian global maupun pasar bebas atau e-commerce yang berbasis web atau internet. Hal ini akan menguatkan pertumbuhan ekonomi pada masing-masing negara dan juga semakin beragamnya produk yang dipasarkan sehingga semakin banyaknya persaingan yang kuat antar produsen. Tekanan yang terpenting pada bisnis pasar global ialah memikirkan kesejahteraan tenaga kerja nya. Seperti halnya, biaya tenaga kerja dan asuransi kesehatan pada tenaga kerja, peristiwa ini mengungkapkan bahwa teknologi informasi telah membantu banyak aktivitas untuk melangkah ke lebih baik. Contohnya pada ASUS = asus memasuki platform pasar global dalam segmen smartphone nya dan mampu mengungguli beberapa merk ternama didunia yang telah lebih dulu terjun pada platform pasar global.

b. Sifat Tenaga Kerja yang Berubah :

Layaknya semakin bertambahnya penduduk maka semakin banyak pengangguran yang akan tercipta. Oleh karena itu, melalui tekonologi informasi semua dapat dikerjakan oleh manusia dengan beban yang lebih ringan. Terutama untuk para perempuan, orang tua, dan para penyandang disabilitas. Dengan pembekalan teknologi informasi, dan dengan bimbingan yang sudah berpengalaman. Dengan teknologi informasi yang sudah tersambung ke internet maka akan memungkinkan pekerjaan dikerjakan di rumah.

c. Kekuatan Penuh Pelanggan :

Adanya istilah dan konsep CRM ( Customer Relationship Management ) sangat berguna bagi organisasi/perusahaan. Dikarenakan organisasi/perusahaan harus mengetahui apa yang sedang booming dalam pasar dan bagaimana mayoritas konsumen jika akan membeli suatu barang khususnya pasa pemilihan dan pembelian barang elektronik seperti smartphone. Sangat penting karena produksi produk suatu organisasi/perusahaan terletak pada bagaimana sikap awareness konsumen terhadap produk tersebut. Contohnya pada ASUS = ASUS pada smartphone nya menghadirkan fitur dan spesifikasi terkini yang sedang diminati oleh para konsumen diseluruh dunia, dengan begitu maka ASUS kuat terhadap selera pelanggannya sehingga memiliki banyak varian harga serta fitur tergantung kebutuhan para konsumen.

3. TEKANAN TEKNOLOGI

Selanjutnya terdapat tekanan teknologi yang termasuk dari tekanan-tekanan untuk berbisnis. Sesuai dengan istilahnya, maka tekanan teknologi ini berkaitan dengan tekanan-tekanan inovasi teknologi yang semakin baru.

 a. Inovasi Teknologi dan Usang :

Teknologi yang baru dan lebih baik dengan cepat diciptakan atau mendukung pengganti untuk sebuah produk, pilihan alternatif layanan, dan kualitas yang hebat. Adanya pembaharuan terus menerus dari suatu sistem agar selalu lebih baik. Contohnya pada ASUS = dalam segmen smartphone, asus terus memperbaharui segala bentuk mulai dari desain luar sampe processor pada smartphone keluaran terbarunya sehingga terus bertambah inovasi teknologi ke yang lebih baik.

b.  Informasi yang Berlebihan :

Teknologi informasi sangat berperan dalam menangani suatu informasi yang berlebihan contohnya seperti banyaknya issue yang belum terbukti valid atas kebenarannya, maka sang manajer pun harus dengan cermat dan teliti dalam mengambil keputusan agar tidak salah langkah hanya karena informasi yang bersifat gratis mudah didapat namun belum teruji kebenarannya. Contohnya pada ASUS = banyaknya diluar sana yang mengutarakan informasi yang tidak akurat terhadap ASUS sehingga membingungkan manajer untuk mengambil keputusan.

4. TEKANAN LINGKUNGAN

Yang ketiga perlu diperjatikan juga mengenai tekanan yang berkaitan dengan masalah lingkungan, sosial, dan kemasyarakatan.

a. Tanggung Jawab Sosial :

Isu-isu sosial yang mempengaruhi bisnis dan individu berkisar dari keadaan lingkungan fisik untuk filantropi perusahaan dan individu untuk pendidikan. Beberapa perusahaan/organisasi bersedia untuk menghabiskan waktu atau uang pada pemecahan berbagai masalah sosial. Usaha ini dikenal sebagai tanggung jawab sosial organisasi atau tanggung jawab sosial individu. Atau yang lebih diketahui masyarakat sebagai bentuk CSR ( Control Social Responsibility ) dari sebuah perusahaan/organisasi terhadap masyarakat. Contohnya pada ASUS = dari hasil penjualannya, ASUS melaksanakan CSR untuk anak SMP di Taiwan dengan banyak program kegiatan sosial.

b. Kepatuhan Terhadap Peraturan Pemerintah dan Deregulasi :

Tekanan bisnis lainnya yang terkait dengan peraturan pemerintah tentang kesehatan, keselamatan, pengendalian lingkunbgan, dan kesempatan yang sama. Bisnis cenderung melihat peraturan pemerintah sebagai kendala mahal pada kegiatan perusahaan/organisasi.

c. Perlindungan Terhadap Serangan Teroris :

Teknologi informasi dapat membantu melindungi bisnis dengan menyediakan sistem keamanan dan mungkin mengidentifikasi pola perilaku yang berkaitan dengan kegiatan terorisme yang akan membantu untuk mencegah serangan dari teroris.

5. RESPON ORGANISASI

Organisasi menanggapi tekanan yang baru saja dibicarakan dengan menerapkan IT seperti sistem strategis, fokus pelanggan, make-to-order, dan kustomisasi massal, dan e-business.

a. Sistem Strategis :

Suatu perusahaan/organisasi memiliki strategi dan sistem yang tidak sama dengan perusahaan/organisasi yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya plagiatism antar perusahaan/organisasi. Dengan adanya sistem teknologi informasi atau sistem informasi maka dapat membantu bagaimana cara/strategi yang strategis dalam meningkatkan produk sampai pendistribusian kepada konsumen.

b. Fokus Pelanggan :

Berfokus pada pelanggan atau berorientasi pada pelanggan adalah slaah satu kesuksesan dalam berbisnis karena kita mengetahui selera pasar dan pelanggan pada jangka waktu tertentu. Membuat pelanggan agar tetap stay pada produk yang kita produksi tidaklah mudah, sebuah perusahaan/organisasi harus terus menerus mengkaji serta memperbaiki layanan apapun agar konsumen/pelanggan tetap pada prinsip dan awareness terhadap produk perusahaan tersebut. Layanan yang dimaksudkan mungkin layanan service agar konsumen/pelanggan memiliki kesan terhadap produk perusahaan tersebut dan sudah menanamkan pada mutu kualitas serta service yang diberikan perusahaan tersebut.

c. Make – To – Order & Kustomisasi Massal :

Make-To-Order adalah suatui gagasan atau cara bagaimana perusahaan/organisasi memikirkan bahwa produksi barang harus efisien dan dengan biaya yang rendah. Salah satu solusinya adalah dengan metode kustomisasi massal yaitu dimana perusahaan memproduksi secara partai banyak atau secara massal. Mengubah manufaktur menjadi massal agar menghemat biaya dan mempertimbangkan waktu derta tenaga kerja yang efisien.

d. E-Business & E-Commerce :

Melakukan segala bentuk bisnis secara elektronik merupakan strategi penting bagi perusahaan bersaing dalam lingkungan bisnis saat ini. Telah digambarkan tekanan yang mempengaruhi perusahaan dalam lingkungan bisnis saat ini dan tanggapan yang organisasi lakukan untuk mengelola tekanan. Untuk merencanakan tanggapan yang paling efektif, perusahaan merumuskan strategi. Dalam ekonomi digital baru strategi ini sangat bergantung pada teknologi informasi khususnya sitem informasi strategis.

 

 

 

Referensi :

  1. http://m.tribunnews.com/techno/2014/12/17/asus-padfone-s-benamkan-teknologi-sonicmaster
  2. http://m.cnnindonesia.com/teknologi/20150829115257-185-75316/asus-melesat-ke-posisi-kedua-pasar-ponsel-di-indonesia/
  3. https://aellyas.wordpress.com/2012/09/04/tekanan-bisnis-respon-organisasi-dan-it-support/
  4. https://www.asus.com/id/About_ASUS/tanggung_jawab_sosial_perusahaan/

 

Terimakasih:).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *